Sunday, April 28, 2013

IKAN FUGU / BUNTAL ANTARA KENIKMATAN DAN KEMATIAN

Posted by okemas 3:13 PM, under |
Advertisment
Advertisment

http://sekedar-tahu.blogspot.com
Judul Artikel kali ini memang kelihatanya sangat extreme ya, tapi ternyata memang begitulah kenyataanya. Ikan Fugu (atau di Indonesia lebih dikenal sebagai ikan buntal) adalah ikan khas Jepang yang mempunyai rasa dan kelezatan yang tiada tara, tapi di satu sisi juga mengandung racun dengan kandungan yang tiada tara juga. Karna fenomena inilah kemudian di jepang sering muncul ungkapan "Hanya orang bodoh yang mau makan ikan Fugu, Tapi hanya orang bodoh pula yang tak mau merasakan lezatnya ikan fugu".

Fugu adalah ikan yang banyak hidup perairan Jepang, Ikan ini sering disebut sebagai ikan buntal dikarenakan kemampunya menggembungkan badanya ketika ada bahaya. Dagingnya konon sangat nikmat rasanya. Beberapa orang yang pernah memakan ikan ini mengatakan bahwa rasa ikan fugu itu seperti perpaduan rasa gurih, asin, dan agak manis. Pokonya susah diterangkan kalu anda tak memakanya sendiri. begitu lezatnya rasanya ikan ini sampai-sampai harganya pun sangat tinggi, per kilonya bahkan bisa mencapai 2 juta rupiah lho.

Tapi ternyata di balik kenikmatan rasa dagingnya, ikan fugu menyimpan banyak racun yang mematikan di hatinya. Racun yang ada di dalam hatinya adalah jenis TTX atau Tetrodoksin, kandungan racun ini konon beberapa kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan Potasium. Racun ikan fugu bisa membunuh manusia hanya dalam hitungan menit.

Oleh karna itu, cara mengolah ikan fugu harus penuh dengan kehati-hatian. pengirisan dagingnya jangan sampai mengenai hatinya, karna begitu hatinya teriris satu mili saja, maka racunya akan segera menyebar. Oleh karna itu, yang diperbolehkan menjadi koki khusus menu ikan fugu adalah koki yang sudah mendapatkan sertifikat koki fugu dari jepang.


Tapi ternyata di Indonesia, pengawasan tentang tata cara pengolahan ikan fugu ini masih belum seketat jepang, Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya laporan kasus kematian yang disebabkan karna ikan buntal.

Apa barang kali anda berminat ingin memakan ikan fugu..

Advertisment



thumbnail Title: IKAN FUGU / BUNTAL ANTARA KENIKMATAN DAN KEMATIAN
Posted by:okemas
Published :2013-04-28T15:13:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 458965 Reviews
IKAN FUGU / BUNTAL ANTARA KENIKMATAN DAN KEMATIAN
Share On :

Posted by: Seo Cara Membuat Resep Masakan Seo Cara Membuat Resep Masakan Atau Kuliner Indonesia Updated at: 3:13 PM