Saturday, May 4, 2013

CARA MENGENAL KUALITAS TELUR

Posted by okemas 11:09 PM, under |
Advertisment
Advertisment

CARA MENGENAL KUALITAS TELUR
OKEZONE
CARA MENGENAL KUALITAS TELUR
TELUR menjadi santapan lezat dengan berbagai olahan, mulai direbus, digoreng, ditumis, bahkan menjadi adonan kue. Namun bila Anda salah memilih, risikonya akan terlihat pada hasil masakan maupun kue.

Salah satu ciri telur tidak baik adalah bila dipecahkan, tidak menjadi satu melainkan menyebar. Ciri ini sebenarnya tidak cukup untuk menentukan kualitas telur, apalagi telur merupakan salah satu bahan makanan yang susah dikenali karena bentuk dan kulit semua telur cenderung sama.

Berikut tip mengetahui kondisi telur, seperti diutarakan Desianto B. Utomo selaku Ketua Masyarakat Ilmu Perunggasan Indonesia kepada okezone usai Festival Ayam dan Telur di Parkir Timur Senayan, Jakarta, belum lama ini.

♦ Dengan wadah berisi air ♦

Dalam menguji kualitas telur, Anda bisa menggunakan wadah yang telah diisi air. Teknik ini sebenarnya sering kali digunakan oleh orang-orang zaman dahulu.

Bila telur mengambang ketika dicelupkan ke air, berarti telur sudah dalam kondisi tidak baik. Telur kualitas buruk mengambang lantaran sudah terdapat rongga udara di dalamnya. (lihat gambar)

♦ Dengan cara diputar ♦
Teknik kedua untuk mengetahui kondisi telur adalah dengan cara diputar. Cara ini termasuk paling mudah dan tidak repot. Ambil telur lalu posisikan secara tegak (vertikal/lonjong ke atas) sebelum Anda memutarnya di tempat yang datar. Putar dengan kecepatan sedang. Usahakan saat diputar telur tetap tegak.

Tekan telur untuk menghentikannya. Cara menekannya tidak boleh terlalu keras, tapi juga jangan terlalu pelan. Usahakan tekan dengan cepat (jangan lebih dari 2 detik). Jika telur berhenti berputar, maka telur itu matang.

Jika telur kembali berputar, Anda harus menekannya lagi dengan cara yang sama. Jika masih berputar pelan, maka telur itu masih mentah.

♦ Dengan dikocok ♦

Caranya, pegang telur dengan 3 jari, yaitu telunjuk, jari tengah, dan ibu jari. Lalu, kocoklah telur di dekat telinga Anda. Bila suaranya cukup terdengar, berarti albumen atau protein dalam telur sudah rusak karena tidak bisa lagi menahan kuning telur di dalam, dan itu akan terasa sekali di tangan Anda.


Advertisment



thumbnail Title: CARA MENGENAL KUALITAS TELUR
Posted by:okemas
Published :2013-05-04T23:09:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 458965 Reviews
CARA MENGENAL KUALITAS TELUR
Share On :

Posted by: Seo Cara Membuat Resep Masakan Seo Cara Membuat Resep Masakan Atau Kuliner Indonesia Updated at: 11:09 PM

Blog Archive

Blog Archive